GKR Hemas ulang tahun ke-66, ini 6 fakta Ratu Keraton Jogja itu

Posted on



kabarhariankini.com – GKR Hemas merupakan istri dari Sri Sultan Hamengku Buwono X. Keduanya menikah pada tahun 1968, dari pernikahannya tersebut mereka dikaruniai enam anak perempuan. Ia menyandang predikatpermaisuri pada tahun 1989 setelah suaminya naik takhta.

Nah bagi sebagian orang belum mengetahui bahwa hari ini, Rabu (31/10) merupakan hari spesial bagi istri dari Sri Sultan Hamengku Buwono X. GKR Hemas merayakan ulang tahun yang ke-66 tahun.

Bahkan dalam media sosial Twitter, banyak sekali netizen yang mengucapkan ulang tahun dengan menggunakan tagar #SugengTanggapWarsaGKRHemas.

BACA JUGA :  8 Chat lucu

Dilansir dari kabarhariankini.com, selain menjadi seorang permaisuri raja Yogyakarta dan menjadi seorang ibu bagi keenam anaknya. Ternyata ada enam fakta lain tentang GKR Hemas yang jarang diketahui oleh banyak orang.

1. GKR Hemas menikah dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X pada usia 19 tahun.
Pada zaman dahulu menikah di usia belia merupakan fenomena yang masih dianggap wajar. Namun seiring berjalannya waktu, asumsi dari sebagian banyak orang menikah diusia muda masih dianggap terlalu cepat.

BACA JUGA :  Toko bunga disulap jadi spot unik yang instagramable, ada restonya lho

2. Nama Asli dari GKR Hemas adalah Titiek Dradjad.

3. Mendapatkan tanda kehormatan.
Pada tahun 2018 ini, GKR Hemas mendapatkan tanda kehormatan Bintang Mahaputra Utama dari Presiden Joko Widodo.

4. Pelopor pemberantasan buta aksara.
Awal kegiatan GKR Hemas saat tinggal di lingkungan Keraton, ia mengadakan kegiatan di Yayasan Sayap Ibu dan pemberantasan buta aksara di Yogyakarta.

BACA JUGA :  Paha Blackpink Kelihatan di Iklan Shopee Jadi Perdebatan Panas! Sampai Suruh Boikot Shopee Lo

5. GKR Hemas aktif dalam organisasi wanita.
Karena ingin mengetahui kegiatan perempuan, dan hak-hak wanita. Ia mengikuti organisasi yang bernama Gerakan Pemberdayaan Suara Perempuan (GPSP). Oleh karena itu GKR Hemas juga memilih terjun kedunia politik untuk menyuarakan hak wanita untuk berpendapat.

6. GKR Hemas merupakan anak perempuan satu-satunya dari enam bersaudara.

 

mgg/vaulika rinjani

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *