Begini cara keliling Padang dan Bukittinggi hanya dalam waktu 3 hari

Posted on


Kota Padang dan Bukittinggi di Sumatera Barat adalah dua daerah yang kerap menjadi destinasi wisata. Maklum, dua wilayah ini menawarkan berbagai tempat menarik untuk dikunjungi.

Oh iya, Padang merupakan salah satu gerbang untuk memulai menjelajah wilayah Sumatera Barat. Umumnya, setelah dari Padang para pelancong memilih Bukittinggi yang terletak 96 Km dari Kota Padang sebagai destinasi berikutnya. Jika ditempuh dengan kecepatan normal sekitar 50 Km per jam, jarak Padang Bukittinggi bisa ditempuh dalam waktu 2,5 sampai 3,5 jam.

Padang Bukittinggi © 2019 brilio.netPamutusan Island (instagram @infopadang_/@qballovers

Nah dengan berbagai tempat yang bisa dikunjungi di dua tempat tersebut, banyak orang berpikir membutuhkan waktu yang tak sedikit. Ya minimal lima hari agar bisa mengkesplorasi berbagai tempat tersebut.  

Tapi sebenarnya, tak harus selama itu sih jika ingin menikmati keindahan dua kota tersebut. Ternyata bisa lho mengunjungi Padang dan Bukittinggi hanya dalam waktu tiga hari saja.

Terpenting adalah membuat itinerary dengan matang. Saat memilih daftar hotel di Padang, kamu bisa merencakan perjalanan untuk mengunjungi tempat-tempat ikonik. Oh iya, ingat ya usahakan membeli tiket pesawat terbang pagi sehingga bisa langsung jalan-jalan setelah mendarat di Bandara Internasional Minangkabau.

BACA JUGA :  Hadiri pelantikan Gubernur Jabar, putri Ridwan Kamil curi perhatian

Begini tips dan trik menjelajah Padang dan Bukittinggi hanya dalam waktu tiga hari biar perjalanan kamu berkesan.   

Hari 1

Padang Bukittinggi © 2019 brilio.netinstagram @ahandii/Danau Singkarak, Sumatera Barat

Setelah tiba di Bandara Internasional Minangkabau, kamu bisa sarapan dulu di kedai ketupat atau soto Padang sebelum lanjut ke Air Terjun Lembah Anai. Air terjun yang asalnya dari Gunung Singgalang ini tidak jauh dari Danau Singkarak, jadi kamu bisa mengunjungi keduanya secara berurutan.

Nah dari Danau Singkarak, kamu bisa langsung mengikuti rute ke Istano Basa Pagaruyung di Batusangkar. Bangunan ini sebenarnya merupakan replika dari istana asli yang terbakar akibat sambaran petir serta perang.

Menjelang jam makan siang, kamu bisa mengunjungi kecamatan yang terkenal dengan area persawahan, seperti Sungai Tarab dan Salimpaung. Kamu bisa menemukan warung atau kedai pinggir jalan di sepanjang area persawahan. Kamu mungkin bisa menemukan hidangan unik seperti gulai siput, ikan bilis, gulai itik, dan telur ikan. Nagari Tabek Patah di Salimpaung memiliki kedai kawa daun, yaitu “kopi” dari daun pohon kopi. Kamu bisa mengakhiri wisata hari pertama dengan menginap di beberapa Hotel di Padang.

BACA JUGA :  Naik pesawat first class saat ulang tahun, reaksi pria ini tak terduga
-->

Hari 2

Padang Bukittinggi © 2019 brilio.netinstagram @ bukittinggiku/gafraliali

Pagi hari kamu bisa memulai aktivitas dengan sarapan khas Bukittinggi, seperti bubur kampiun dan pical sikai, yaitu pecel dengan rebung dan jantung pisang dalam racikannya. Lanjutkan dengan perjalanan ke Danau Maninjau untuk menikmati panorama dari jalur perbukitan. Puncak Lawang merupakan titik terbaik untuk melihat pemandangan Danau Maninjau secara keseluruhan.

Kemudian lanjutkan perjalanan dengan mengunjungi Nagari Lawang di Kecamatan Matur. Tempat ini adalah pusat pembuatan kacang goreng dan gula merah tebu. Kamu bisa membeli kacang dan gula merah sebelum pulang ke Bukittinggi untuk makan siang. Nasi kapau, itiak lado (bebek cabai hijau), dan gulai jariang (gulai jengkol) adalah menu khas yang patut kamu coba.

Setelah makan siang, kamu bisa melakukan wisata kota dengan mengunjungi tempat ikonik, seperti Jam Gadang dan Taman Panorama Ngarai Sianok. Jangan lupa kunjungi Pasar Atas Bukittinggi untuk berburu jajanan dan oleh-oleh.

Hari 3

Padang Bukittinggi © 2019 brilio.netinstagram @andidarmaputra/Siti Nurbaya Bridge

Kamu bisa melakukan wisata kota di Padang pada hari terakhir. Kunjungi kawasan ikonik seperti Kota Tua dan Jembatan Siti Nurbaya. Lihat keunikan Pelabuhan Muaro yang merupakan pelabuhan tertua di Padang. Pantai Padang berada di pusat kota dan merupakan salah satu tempat wisata popular di sana. Setelah makan siang, kamu bisa kembali ke hotel dan ke bandara untuk pulang.

BACA JUGA :  Nikahi putri cantik dari keluarga kaya, nasib pria ini berakhir tragis

Ingin kemudahan saat menjajal rencana perjalanan ini? Manfaatkan aplikasi traveling Airy untuk booking hotel murah yang ada di Padang. Jaringan hotel Airy menyediakan kamar dengan berbagai kelas di seluruh penjuru Indonesia, mulai dari homestay hingga hotel bintang 4. Setiap kamar dilengkapi fasilitas standar berlogo Airy, seperti tempat tidur bersih, air mineral, perlengkapan mandi, air panas, dan Wi-Fi.

Kamu bisa memesan hotel langsung dari aplikasi Android atau iPhone, sesuai dengan rencana perjalanan yang dibuat. Selain menawarkan harga bersaing, Airy tidak membebani biaya tambahan atau kejutan. Transaksi bisa dilakukan lewat kartu kredit atau transfer bank. Dapatkan juga promo Airy untuk mendapat diskon demi perjalanan ke Sumatra Barat yang lebih menyenangkan.