7 Menu Kreatif ala #MasakDarurat yang Anti Ribet Teruntuk Sobat Misqueen. Semuanya Enak!

Posted on


Featured Image

Memasak bukan jadi hal yang mudah bagi sebagian orang. Dibutuhkan bahan, peralatan, hingga keterampilan yang mumpuni untuk mengolah makanan yang lezat baik secara rasa maupun tampilan. Belum lagi kalau waktunya kepepet, mending beli makanan saja yang lebih praktis ketimbang harus memasaknya. Tapi tunggu dulu, kalau kamu lihat kumpulan video masak dengan tagar #MasakDarurat ala Chef Bahtiar Sigar yang dibagikannya lewat utas di akun Twitter @tiarbah maupun di akun Instagramnya @masakdarurat, anggapanmu tentang memasak bakal berubah drastis. Karena ternyata memasak itu nggak harus saklek dan ribet, bahkan kamu bisa gunakan bahan dan alat yang ada di sekitarmu.

Penasaran kan kayak apa menu #MasakDarurat yang dibikin sama Chef Bahtiar? Nah, berikut kabarhariankini Tips berikan ulasan menu-menu andalannya khusus buatmu yang pengen coba masak tanpa ribet.

1. Bosan makan mi instan yang gitu-gitu aja? Coba deh bikin kreasi mi instan yang diolah jadi sup krim yang belum banyak dijajal orang

Bahan-bahannya:

  • 1 bungkus mi instan rasa ayam bawang
  • 1 sdm mentega
  • 1 lembar daun salam
  • 250 ml susu cair

Cara membuatnya:

  1. Bagi mi instan jadi dua bagian.
  2. Blender setengah bagian mi instan hingga halus. Sisihkan.
  3. Panaskan wajan, masukkan mentega dan daun salam hingga mencair, lalu tambahkan mi instan yang sudah diblender tadi. Aduk rata.
  4. Masukkan susu dan bumbu mi instan, aduk hingga kental. Tiriskan.
  5. Goreng setengah mi yang belum terpakai untuk topping-nya.
  6. Sup krim mi instan siap disajikan.

2. Meniru #MasakDarurat, kamu bisa bikin kue hanya dengan tiga bahan saja. Pun nggak perlu oven segala

Bahan-bahannya:

  • 1 boks es krim
  • 1/2 boks tepung terigu (menggunakan sisa boks es krim)
  • 1 sdt soda kue
  • Secukupnya minyak goreng

Cara membuatnya:

  1. Lumatkan es krim dalam wadah hingga membentuk adonan.
  2. Masukkan tepung terigu dan aduk rata. Lalu masukkan soda kue dan aduk rata kembali.
  3. Tuang adonan ke dalam wadah magic com mini yang sudah diolesi dengan minyak goreng dan sedikit tepung terigu agar kue nggak lengket.
  4. Masak kue hingga matang. Untuk mengecek, kamu bisa tusuk kue dengan lidi.
  5. Kue es krim magic com siap dihidangkan.

3. Jangan salah kira, hidangan ini bukan telur ceplok. Tapi puding yang dibentuk mirip telur ceplok

Bahan puding kuning telur:

  • 1/2 bungkus puding susu mangga
  • 250 ml air

Bahan puding putih telur:

  • 1/3 bungkus agar-agar vanila
  • 60 gram gula pasir
  • 250 ml susu cair

Cara membuatnya:

  1. Masak puding kuning telur hingga mendidih. Tuang ke dalam wadah bulat. Cetak di atas wadah bulat yang lebih besar setelah dingin.
  2. Masak puding putih telur hingga mendidih. Tuang ke sisi-sisi puding kuning telur yang telah dicetak. Biarkan dingin.
  3. Tata puding telur ceplok di atas piring yang sudah dihias dengan cokelat cair.

4. Makan sushi nggak harus mahal. Kreasi sushi akhir bulan ala #MasakDarurat ini bisa kamu coba bikin saat kantong lagi kering!

Bahan-bahannya:

  • 50o gram beras
  • 50 gram beras ketan
  • 500 ml air
  • Sosis siap makan
  • Nori sasetan
  • Mayones sasetan
  • Beberapa tusuk sate dan selotip untuk menggulung sushi

Cara membuatnya:

  1. Campur dan aduk rata beras, beras ketan dan air dalam magic com. Masak hingga matang.
  2. Rekatkan beberapa batang tusuk sate dengan selotip sampai kencang untuk difungsikan jadi sushi roll.
  3. Letakkan nori, tata nasi, olesi mayones, dan sosis bertahap di atas sushi roll. Lalu gulung perlahan hingga membentuk sushi.
  4. Iris sushi dan tata di atas piring lalu hias dengan mayones.

5. Milo nggak harus diseduh atau dibikin es kepal. Bisa juga digoreng garing di bagian luarnya, tapi kenyal dan manis di bagian dalamnya

Bahan-bahannya:

  • 250 ml susu cair
  • 1 bungkus milo
  • 2 sdm maizena
  • Secukupnya tepung terigu
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • Secukupnya baking powder
  • Secukupnya air

Cara membuatnya:

  1. Masak susu di atas api sedang.
  2. Masukkan milo, aduk rata. Lalu masukkan maizena, aduk hingga kental. Angkat.
  3. Tiriskan adonan di atas plastik, taburi dengan sedikit maizena dan iris menjadi beberapa bagian.
  4. Aduk tepung terigu, gula pasir, garam, baking powder dan air sampai membentuk pasta.
  5. Celupkan potongan adonan milo ke dalam adonan tepung, lalu goreng di dalam minyak panas hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

6. Bukan cuma milkshake yang bisa dibikin pakai oreo, tapi pancake juga lo! Bermodal empat bahan baku saja, bikinnya pun super gampang

Bahan-bahannya:

  • 1 bungkus oreo
  • 1 butir telur
  • 250 ml susu cair
  • 1 sdm baking soda

Cara membuatnya:

  1. Pisahkan oreo dari krimnya, lalu tumbuk bagian biskuit dengan cobek sampai halus.
  2. Aduk rata bubuk oreo dan krimnya, masukkan telur, susu cair. Aduk rata. Terakhir masukkan baking soda dan aduk rata kembali.
  3. Masak pancake di atas teflon hingga adonan habis.
  4. Hidangkan pancake oreo dengan pasta cokelat.

7. Berkat #MasakDarurat, kamu juga bisa bikin schotel yang renyah tanpa kukusan dan oven. Tapi pakai setrikaan dan hasilnya tetap enak!

Bahan-bahannya:

  • 1 sdm margarin
  • 1 sdm tepung terigu
  • 200 ml susu cair
  • Keju cheddar
  • 1 bungkus mi instan
  • Saus sambal untuk cocolan

Cara membuatnya:

  1. Lelehkan margarin, masukkan tepung terigu, aduk.
  2. Tuangkan susu sedikit demi sedikit hingga adonan mengental tanpa gumpalan.
  3. Masukkan keju cheddar, bumbu mi instan, dan terakhir masukkan mi instan yang sudah direbus sebelumnya. Angkat dan masukkan adonan ke dalam mangkuk dan taburi lagi dengan keju cheddar.
  4. Panaskan setrika, letakkan di atas mangkuk dengan jarak sekitar 1/2-1 cm. Biarkan selama 30-40 menit.
  5. Schotel mi panggang pun siap dinikmati.

Gimana, mudah bukan? Nggak ada alasan lagi untuk nggak masak karena merasa nggak bisa, malas atau pun misqueen bahan dan alat masak. Karena trik dan aneka resep yang dibagikan oleh Chef Bahtiar dalam #Masak Darurat telah menjawab keresahanmu. Sudah dulu ya, kabarhariankini mau langsung coba bikin schotel mi panggang pakai setrika nih, mumpung emak lagi arisan~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya



BACA JUGA :  11 Adu fashion Laudya Bella & Zaskia Sungkar yang bisnis bareng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *