6 Buah ini tak baik dijus pakai juicer, khasiatnya bisa hilang

Posted on


kabarhariankini.com – Bagi sebagian orang, minum jus merupakan hal favorit. Minuman sehat yang praktis tersebut dapat mengenyangkan perut sementara waktu.

Serat, antioksidan, vitamin dan mineral yang ditemukan secara alami dalam buah dapat membantu metabolisme tubuh secara alami pula. Buah sendiri dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara, dihaluskan menggunakan juicer, blender atau langsung dimakan.

Berbeda dengan juicer yang hanya mengambil sari buah, pengolahan buah menjadi dengan menggunakan blender menyisakan ampas. Berbagai penelitian pun dilakukan untuk membedakan lebih baik mana jus yang diolah dengan juicer atau blender.

Katherine Zeratsky menuliskan hasil penelitiannya di mayoclinic.org yang mengatakan bahwa jus membuat menghasilkan sari dari buah atau sayuran segar. Cairan yang dihasilkan mengandung sebagian besar vitamin, mineral, dan bahan kimia tanaman (fitonutrien) yang ditemukan dalam buah utuh. Namun, buah-buahan dan sayuran utuh juga memiliki serat sehat, yang hilang selama proses jus.

BACA JUGA :  Kamu cowok cool atau gokil? Yuk cari tahu dari penampilanmu

Karena itu, buah-buahan di bawah ini sebaiknya kamu olah menggunakan blender, bukan juicer.

1. Alpukat.

buah tidak dijus Istimewa

foto: pixabay.com

“Alpukat lebih cocok disajikan menjadi smoothie dengan menggunakan blender daripada juicer,” kata Chante Wiegand, ND, direktur pendidikan di Pure Synergy kepada Reader’s Digest. Hal itu ditujukan agar sari-sari dalam alpukat masuh bisa dikonsumsi.

2. Pir.

buah tidak dijus Istimewa

foto: pixabay.com

Jika kamu sensitif terhadap gula buah mungkin kamu bisa menghindari buah pir. Buah pir yang diolah menggunakan blender akan lebih bermanfaat. “Pir mengandung sorbitol, bentuk gula yang sulit dicerna dan bisa memperlancar proses bung air besar. Itulah mengapa banyak orang meminum jus pir untuk mengatasi sembelit,” kata nustrisionis tersertifikasi dan pelatih kesehatan holistik, Neda Varbanova, kepada Reader’s Digest.

BACA JUGA :  JK Rowling Sebut Indonesia Sebagai Asal Muasal 'Nagini', ini 4 Alasan Kita Nggak Usah Terlalu Bangga

3. Apel.

Khasiat dahsyat tomat & apel bagi perokok yang nggak banyak diketahui © 2017 brilio.net

foto: istimewa

Mengonsumsi buah apel secara utuh memang baik, namun kamu harus berhati-hati dengan bijinya. Jika tak sengaja terkonsumsi biji apel dapat meracuni sistem pencernaan tubuh manusia. “Biji apel mengandung amygdalin, yang bisa beracun ketika dimetabolisme dalam sistem pencernaan,” kata Varbanova.

4. Nanas.

buah tidak dijus Istimewa

foto: pixabay.com

Buah yang hanya ditemukan di daerah tropis ini mengandung vitamin di setiap bagiannya. Namun jika kamu mengolahnya dengan menggunakan juicer, semua manfaat itu akan hilang dan hanya menyisakan banyak gula. “Ini dapat menyebabkan kadar gula dan insulin dalam darah meningkat,” tambah Varbanova kepada Reader’s Digest.

BACA JUGA :  8 Gaya bayi

5. Sitrus.

buah tidak dijus Istimewa

foto: pixabay.com

Buah sitrus seperti jeruk sunkist, jeruk bali, lemon dan jeruk nipis mengandung komponen yang bisa mengiritasi sistem pencernaan tubuh manusia. “Kulit jeruk mengandung senyawa yang dapat mengiritasi sistem pencernaan,” kata Wiegand. Lagipula, mereka tidak menambah manfaat jika diolah menggunakan juicer

6. Pisang.

buah tidak dijus Istimewa

foto: pixabay.com

Wiegand menjelaskan pula bahwa pisang tidak cocok diolah menggunakan juicer karena sifat pisang yang lembut. Oleh karena itu kalau memang tidak ingin mengonsumsi pisang secara langsung, kamu dapat membuatnya menjadi smoothie menggunakan blender.

(mgg/chatarina lia)

RECOMMENDED



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *