5 Bahan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan paru-paru

Posted on


kabarhariankini.com – Menjaga kesehatan tubuh sudah menjadi sebuah kewajiban yang dilakukan agar dapat hidup lebih lama dan sehat di kala tua. Beberapa organ penting dalam tubuh memerlukan perhatian yang lebih, seperti jantung, otak dan paru-paru.

Paru-paru sebagai salah satu organ paling penting dalam tubuh berfungsi sebagai saluran pernafasan manusai. Jika kesehatan paru-paru tidak dijaga, tentunya dapat menimbulkan berbagai penyakit yang tidak diinginkan seperti gangguan pernafasan hingga kanker paru-paru.

Menjaga kesehatan paru-paru dapat dilakukan dengan tidak merokok, menghindari asap kendaraan bermotor dan dapat dengan menjaga pola makan yang baik. Nah ternyata, ada beberapa bahan makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru lho!

BACA JUGA :  Video ini rekam mesin pembuat mi beroperasi sendiri, bikin merinding

Mau tahu apa saja? Berikut 5 bahan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan paru-paru seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (31/7).

1. Kacang-kacangan.

foto: dailyhealthpoints.com

Pada kacang-kacangan terkandung folat rendah yang merupakan kandungan yang baik bagi kesehatan paru-paru. Kandungan folat yang tinggi pada kacang dapat mengurangi risiko berbagai gangguan yang berhubungan dengan paru-paru. Selain itu, beberapa kandungan lainnya seperti magnesium dan asam lemak esensial di dalamnya juga baik untuk sistem kardiovaskular.

 

2. Jahe.

foto: kinkintea.com.au

Bahan rempah-rempah yang satu ini memang sudah dikenal akan beragam khasiatnya. Nah ternyata, jahe juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Jahe memiliki kemampuan membersihkan jalan napas dan detoksifikasi tubuh sehingga pernafasan kamu menjadi lebih lega. Selain itu, jahe juga dapat membantu membuang racun dari saluran pernafasan.

BACA JUGA :  5 Seleb ini pernah jadi dosen di UI, terbaru Maia Estianty

 

3. Bawang putih.

foto: draxe.com

Tidak hanya jahe, bawang putih juga dapat menjaga kesehatan paru-paru. Kandungan flavanoid yang terkandung di dalamnya mampu merangsang produksi enzim yang meningkatkan efisiensi tubuh dan paru-paru untuk menyingkirkan racun dan karsinogen.

 

4. Wortel.

foto: glowkitchen.com

Selain sehat bagi mata, wortel juga baik untuk menjaga kesehatan paru-paru lho. Kandungan karoten serta antioksidan dalam wortel mampu mengurangi risiko kanker paru-paru. Ada baiknya untuk mengonsumsi wortel dalam bentuk mentah sehingga hasilnya lebih maksimal untuk kesehatan paru-paru. Atau bisa juga dinikmati sebagai jus yang segar.

BACA JUGA :  5 Foto transgender di 10 Year Challenge, perubahannya bikin syok

 

5. Salmon.

foto: getfish.com.au

Bahan makanan bergizi tinggi ini dapat mencegah pernafasan yang sedang terganggu. Kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya sering dikaitkan dengan anti-inflamasi untuk seluruh tubuh. Tidak terkecuali paru-paru sehingga dapat mengurangi risiko asma.

(brl/lea)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *