3 Presiden Indonesia ini dapat keistimewaan pernah masuk Kabah

Posted on


kabarhariankini.com – Menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Arab Saudi. Jokowi bertemu Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. Ditemani Iriana Jokowi serta dua putranya Gibran dan Kaesang, Jokowi juga diajak berkeliling dan dijamu di Istana Pribadi Raja di Riyadh.

Kunjungan tersebut membahas kerjasama Indonesia dan Arab Saudi. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi juga membahas kuota haji jemaah dari Indonesia.

“Saya sudah menyampaikan pada Raja Salman agar diberikan tambahan lagi, saya masih minta lagi tapi belum dijawab langsung,” ujar Jokowi seperti dilansir kabarhariankini.com dari merdeka.com, Selasa (16/4).

Jokowi sempat menikmati makanan khas Arab saudi dalam kunjungannya tersebut. Setelah bertemu Raja Salman, Jokowi dan keluarga juga menunaikan ibadah umrah. Ia mengunjungi Kabah dikawal oleh pihak keamanan Arab Saudi.

BACA JUGA :  Kamu yang Rutin Melingkari Tanggal Menstruasi, Bakal dapat 5 Keuntungan Ini. Pertahankan!

Namun ada yang sedikit berbeda dari umrahnya kali ini. Ia berkesempatan masuk Kabah.

Nah, tapi tahukah kamu, jika beberapa Presiden Indonesia lainnya juga pernah masuk ke dalam Kabah?

Simak ulasannya di bawah ini, seperti dilansir kabarhariankini.com dari berbagai sumber, Selasa (16/4).

1. Jokowi

presiden masuk kabah © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: Instagram/@jokowi

Saat menunaikan ibadah umrah, Jokowi bersama keluarga berkesempatan masuk Kabah. Pengalaman itu ia tuliskan di akun Instagram @jokowi.

“Tak pernah terbayangkan dalam hidup saya, akan memperoleh kehormatan dan kesempatan ini: datang ke Masjidil Haram, berjalan menapak tangga kayu, melewati ambang pintu Kakbah, lalu masuk ke dalamnya. Di luar, saya melihat ribuan orang dari berbagai bangsa sedang bertawaf, bergerak melingkar mengelilinginya.

Menjelang subuh saya telah berada di dalam Kakbah, di ruangan kosong yang sedikit gelap, bersama istri dan anak-anak. Saya kemudian menunaikan salat sunnah dua rakaat ke arah empat penjuru.

BACA JUGA :  Tak hadiri pernikahan Tasya, Afgan bertemu dengan 2 seleb Hollywood

Perasaan saya sempat gamang, harus menghadap ke mana? Dan akhirnya saya ingat: ini di dalam Kakbah. Saya bisa salat menghadap ke arah mana saja.

Azan subuh sedang berkumandang di Masjidil Haram ketika saya menuruni tangga keluar dari pintu Kakbah, dengan rasa syukur yang tiada terhingga. Istri saya, Gibran, dan Kaesang, menyusul turun. Saya akan mengingat kesempatan ini sepanjang hidup.”

2. Soeharto

BACA JUGA :  10 Potret totalitas suporter dukung Timnas U-22 di Pnom Penh

presiden masuk kabah © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: merdeka

Soeharto berkesempatan ibadah umrah pada 30 Oktober 1995. Saat itu ia menunaikan ibadah umrah bersama anak-anaknya Siti Hardiyanti Rukmana, Bambang Trihatmodjo dan Halimah, Siti Hediyanti Herijadi dan enam cucunya.

Dengan pengawalan ketat dari Kerajaan Arab Saudi, keluarga besar Soeharto berkesempatan masuk Kabah selama 20 menit.

3. Susilo Bambang Yudhoyono

presiden masuk kabah © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: kemenag.go.id

Pada 24 April 2006, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ditemani Ani Yudhoyono dan Edi Baskoro menunaikan ibadah umrah. Dalam kesempatan umrah itu, SBY dan keluarga berkesempatan masuk Kabah. Keluarga SBY dikawal ketat saat memasuki Kabah.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *