14th Indonesian Film Festival digelar di Melbourne, ini daftar filmnya

Posted on


kabarhariankini.com – Festival film sudah banyak digelar di seluruh penjuru dunia. Acara ini menjadi suatu bentuk apresiasi dan dukungan terhadap film-film terbaik yang telah dibuat. Salah satunya seperti Indonesian Film Festival ke-14 yang akan hadir di Melbourne, Australia.

Indonesian Film Festival (IFF) adalah acara tahunan yang diselenggarakan mahasiswa Indonesia di Melbourne sejak tahun 2006. Acara ini ditujukan untuk meningkatkan dukungan terhadap sinematografi Indonesia di kancah internasional, terutama di kota budaya Australia, Melbourne.

IFF ke-14 ini akan berlangsung pada akhir Maret yang terdiri dari serangkaian acara, seperti Under the Stars, Through the Lens, The 4th Wall, Educational Screenings, dan Main Screening.

IFF Istimewa

foto: iffaustralia.com

BACA JUGA :  Cowok ini pacari kecoak, mimpi basah dengan kecoak

Under the Stars merupakan acara menonton film layar lebar secara gratis. Kali ini film Filosofi Kopi 2: Ben & Jodi karya sutradara terbaik Indonesia, Angga Dwimas Sasongko, akan ditayangkan. Selain itu para penonton juga akan dihibur penampilan akustik dari Klaudspirits dan dapat menikmati hidangan tradisional Indonesia. Under the Stars diadakan di Motel Baja, Immigration Museum pada 22 Maret 2019, pukul 18.30 sampai 21.30.

IFF Istimewa

foto: iffaustralia.com

Lalu ada Through the Lens, bagian acara yang berfokus pada film pendek. Pengunjung akan disuguhi film Sepatu Baru, peraih penghargaan Piala Citra dan Orrizonti Award untuk film pendek terbaik. Selain itu juga akan ada pembahasan film-film pendek oleh para panelis dari University of Melbourne, Siobhan Jackson dan Andrew O’Keefe. Acara ini diadakan pada 28 Maret 2019 pukul 17.30 sampai 21.00.

BACA JUGA :  Fadli Zon-Ahmad Dhani tiru Jokowi cukur di Garut, warganet heran

IFF Istimewa

foto: iffaustralia.com

Selanjutnya ada Educational Screening yang ingin memperkenalkan budaya Indonesia melalui film pada anak-anak usia awal menjelang remaja. Acara ini akan menayangkan film Koki-Koki Cilik yang menekankan pentingnya pertemanan, kemurahan hati, dan jati diri di indahnya lanskap Indonesia. Acara ini diadakan tanggal 1 dan 4 April 2019.

IFF Istimewa

foto: iffaustralia.com

Kemudian ada The 4th Wall yang merupakan sebuah forum diskusi seperti talk show tengah malam, dengan bintang tamu spesial Nirina Zubir dan Oka Antara. Perbincangan ini membahas kondisi perkembangan industri perfilman Indonesia saat ini. Bertemakan ‘Original’, acara ini membahas pentingnya bagi sutradara untuk bisa menunjukkan keorisinalitasannya dalam film dan alur ceritanya. The 4th Wall akan diadakan pada 4 April 2019 pukul 17.00 sampai 21.00.

BACA JUGA :  Ini nomor crisis center jatuhnya pesawat Lion Air JT 610

Nah, acara yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya yaitu Main Screening. Tahun ini, IFF ke-14 akan menayangkan 6 film ternama Indonesia, yaitu Foxtrot Six (5 April 2019), Keluarga Cemara (6 April 2019), Night Bus (7 April 2019), Terbang: Menembus Langit (8 April 2019), Ave Maryam (9 April 2019), dan Turah (10 April 2019). Semuanya akan ditayangkan di ACMI Cinema, Melbourne.

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa akses di https://iffaustralia.com/.

mgg/hanifan navyansyah



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *