10 Makanan ini ternyata bisa percepat proses penuaan, hindari ya

Posted on


kabarhariankini.com – Ada satu penyebab utama yang mempercepat proses penuaan kulit, yaitu faktor umur. Seiring bertambahnya usia seseorang, penuaan pada kulit akan mulai tampak jelas. Namun banyak orang yang sudah memiliki umur tua, tidak ingin tampak tua. Bahkan mereka ingin menunda penuaan dini untuk tujuan mereka masing-masing.

Selain dua faktor tersebut, ada beberapa orang yang mengalami proses penuaan dini lebih awal. Mereka mengalami penuaan di usia yang masih tergolong muda. Tanda-tandanya seperti kerutan di sekitar mata, muncul bintik hitam di area wajah, bahkan rambut yang sekiranya masih hitam sudah tumbuh uban atau rambut putih.

Dilansir dari lneonline, penuaan dini dapat dicegah dan diobati dengan perawatan kulit secara profesional. Penuaan dini disebabkan karena berbagai faktor, seperti keturunan, produk kecantikan, terlalu sering terpapar sinar matahari. Selain ketiga faktor tersebut, masih ada satu faktor yang sering luput dan tidak disadari banyak orang, yakni faktor makanan yang kurang sehat.

Bagaimana pun juga makanan adalah hal utama yang diperlukan tubuh setiap hari. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat bisa berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk penuaan dini.

BACA JUGA :  10 Penampilan Gagal Penyanyi Internasional di Atas Panggung. Fix, Manusia Nggak Ada yang Sempurna!

Nah, kira-kira makanan apa saja yang dapat mempercepat proses penuaan dini? Berikut 10 makanan tersebut, seperti dirangkum kabarhariankini.com dari berbagai sumber pada Kamis (21/3).

1. Kentang goreng.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pexels

Kentang goreng adalah menu andalan dan favorit banyak orang. Kentang goreng biasanya dimasak dalam minyak pada suhu tinggi, sehingga bisa melepaskan radikal bebas saat dimakan.

Radikal bebas tersebut dapat menyebabkan kerusakan sel pada kulit. Paparan radikal bebas mempercepat proses penuaan karena adanya cross-linking, yaitu tautan silang yang dapat memengaruhi molekul DNA dan dapat melemahkan elastisitas kulit.

2. Garam.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pexels

Garam adalah bumbu andalan ketika memasak. Banyak menu makanan yang terasa lezat karena diberi garam. Namun terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan menyebabkan kulit mengeluarkan air, sehingga menyebabkan dehidrasi. Hal itu membuat kulitmu lebih rentan terhadap kerutan.

3. Roti putih.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pexels

Roti putih di sini bisa berarti roti tawar berwarna putih. Roti ini adalah karbohidrat olahan yang bisa berintegrasi dengan protein. Makanan yang memiliki indeks glikemik (kadar gula) tinggi, seperti roti putih ini, dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, yang secara langsung terkait dengan proses penuaan.

BACA JUGA :  8 Pertanyaan yang Masih Sulit Dijawab oleh Perempuan Indonesia. Bukti Ketidakadilan Ada di Mana-mana

4. Gula.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pexels

Gula adalah salah satu penyebab terkenal masalah kulit yang tidak diinginkan seperti jerawat. Selain masalah jerawat, terlalu banyak mengonsumsi gula dapat merusak kolagen. Ketika kadar gula di dalam tubuh meningkat, proses penuaan dini akan lebih cepat terjadi.

5. Margarin.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pexels

Dilansir dari healthline, margarin banyak mengandung minyak terhidrogenasi parsial atau asam lemak trans. Asam lemak trans ini dapat membuat kulit lebih rentan terhadap radiasi ultraviolet, yang dapat merusak kolagen dan elastisitas kulit.

6. Olahan daging.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pexels

Olahan daging yang dapat berbahaya bagi kulitmu di antaranya adalah hot dog, pepperoni, bacon, dan sosis. Daging olahan ini kaya akan natrium, lemak jenuh, dan sulfit, yang semuanya dapat mengeringkan kulit dan melemahkan kolagen dengan menyebabkan peradangan.

7. Makanan penuh dengan minyak.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pixabay

Makanan penuh dengan minyak seperti gorengan bisa menyebabkan munculnya penuaan dini. Pasalnya makanan tersebut mengandung minyak tak jenuh ganda tinggi asam lemak omega-6. Kandungan itu dapat menyebabkan radikal bebas berbahaya dan dapat meningkatkan tingkat peradangan pada kulit.

BACA JUGA :  Secara Nggak Langsung, 8 Lagu ini Diprediksi Bisa Bikin Kamu Jadi Orang yang Boros. Bahaya Juga, Ya!

8. Kue beras.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pexels

Sementara kue beras biasanya disebut-sebut sebagai camilan yang baik, namun tidak untuk kulit. Kue beras memiliki indeks glikemik (gula) yang tinggi dan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah bertindak sebagai ‘akselerator penuaan’ yang dapat menyebabkan keriput.

9. Gandum.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pexels

Gandum adalah gabungan dari protein glutenin dan gliadin, yang terbukti dapat menyebabkan permeabilitas usus atau ‘usus bocor’. Usus yang bocor memicu respons imun dan merupakan penyebab signifikan peradangan kronis, terutama pada bagian kulit. Sehingga hal ini dapat menyebabkan proses penuaan dini muncul.

10. Makanan yang dibakar atau hangus.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pixabay

Penuaan dini tidak hanya muncul karena gula. Melainkan juga karena mengonsumsi makanan yang dibakar dan hangus, misalnya sate. Alangkah baiknya kamu tidak terlalu sering mengonsumsi makanan yang dibakar. Kamu bisa memilih mulai mengonsumsi makanan yang direbus.

 

 

 

RECOMMENDED



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *